Kamis, 03 Januari 2008

TRADISI MENEMPA GAMELAN KAUMAN MAGETAN

PROGRAM : SILUET
JUDUL : TRADISI MENEMPA GAMELAN KAUMAN MAGETAN
DURASI : 30 MENIT

STORY LINE I.

SIAPA SANGKA GENDING-GENDING JAWA YANG KELUAR DARI KETUKAN MUSIK GEMELAN MAMPU MENGGETARKAN JIWA// MESKI HANYA MEMAKAI ALAT YANG SEDERHANA// ALUNAN MELODI LEMPENGAN SARON/ GONG BERPADU RANCAK DENGAN KENDANG/SANGAT ENAK UNTUK DIDENGAR// BAGI MASYARAKAT JAWA SUARA KHAS MUSIK GAMELAN ITU SANGAT MELEKAT DALAM TELINGA MEREKA// ITULAH IDENTITAS MUSIK ASLI INDONESIA// YANG MEREKA SEBUT DENGAN MUSIK LELULUHUR//

ADEM DAN SEJUK DIHATI MENJADI CIRI KHAS GENDING JAWA// HALUS DAN BERLARAS MENJADI SATU KESATUAN TANGGA NADA YANG TIDAK BISA DIPISAHKAN DARI MUSIK GAMELAN//

KONON MUSIK GAMELAN ITU ADA DITANAH SEJAK TAHUN 1830 // SETELAH PERANG DIPONEGORO/ KYAI MATARAM MENYEBAR LARI DISELURUH PULAU JAWA/KHUSUSNYA DI JAWA TIMUR// HAL ITU DILAKUKAN UNTUK MENGHINDARI KEJARAN DARI PEMERINTAH BELANDA//

SOUN BITE : PARYOTO 54TH (PENGEPUL PERANGKAT GAMELAN)
IN :
OUT :


DESA KIDAL KAUMAN KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN MAGETAN ADALAH SALAH SATU BASIS PASUKAN DIPONEGORO// SELAIN BERSEMBUNYI MEREKA JUGA BERKREASI MELALUI KESENIAN GAMELAN// SEHINGGA KAWASAN KIDAL KAUMAN TERKENAL DENGAN MUSIK GAMELAN//

SEIRING DENGAN WAKTU MASYARAKAT DESA KIDAL KAUMAN MAMPU MEMPRODUKSI PERALATAN GAMELAN HINGGA KINI// UNIKNYA PROSES MEMBUATNYA PUN SANGAT TRADISIONAL// MULAI MELEBUR TIMAH DAN TEMBAGA/TETAP DILAKUKAN SECARA MANUAL// MULAI MEMBAKAR/MENEMPA/MEMBENTUK SAMPAI NGELARAS NADA TETAP DILAKUKAN SECARA TRADISONAL// ITULAH YANG MENJADI CIRI KHAS MUASIK GAMELAN PRODUKSI DESA KIDAL KAUMAN KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN MAGETAN INI//


SOUN BITE : MULSENI 70TH (PENGERAJIN GAMELAN)
IN :
OUT :

MAKLUM DIMASA ITU SANGAT KETAT SEKALI PERATURAN YANG DITERAPKAN OLEH PEMERINTAH BELANDA// SEHINGGA MASYARAKAT TIDAK BISA BEBAS UNTUK BERKREASI DALAM BERKESENIAN//
KARENA KEAHLIAN MEMBUAT GAMELAN SECARA TURUN TEMURUN MENJADI CIRI UNIK DIKAWASAN DESA KIDAL KAUMAN KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN MAGETAN//

STORY LINE 2.

SEMENTARA BAGI MASYARAKAT DESA KIDAL KAUAMAN/ MEMBUAT GAMELAN SUDAH MENJADI SANDARAN HIDUP MEREKA SELAIN BERTANI// LAIN DULU LAIN SEKARANG/DIMANA PESANAN GAMELAN MELIMPAH DAN BANYAK WISATAWAN DATANG/NAMUN SEKARANG TIDAK NAMPAK LAGI//

BANYAK PERUBAHAN SUDAH MENJADI PANDANGAN HIDUP KESEHARIAN BAGI MASYARAKAT DESA KIDAL KAUMAN KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN MAGETAN// HAL ITU BERKAITAN DENGAN KASUS BOM BALI//

HANYA MENGHARAPKAN PERHATIAN DARI PEMERINTAH DAERAH YANG MAMPU MENGUBAH ITU SEMUA// AGAR GAMELAN SEBAGAI INDENTITAS BAGSA TETAP LESTARI//SEBAGAI ASET BANGSA INDONESIA// KALAU HANYA MENGANDALKAN SENIMAN SAJA ITU HANYA MIMPI BELAKA// SUDAH BARANG TENTU AKAN DITINGGALKAN// KARENA TIDAK MENJANJIKAN KEHIDUPAN YANG LAYAK//

SOUN BITE : Ir. NANUK SUMARSONO M.Si (DISPARTA KAB. MAGETAN)
IN :
OUT :

SOUN BITE : PARYOTO 54TH (PENGEPUL PERANGKAT GAMELAN)
IN :
OUT :

MESKI AKTIFITAS MEMBUAT PERALATAN GAMELAN SUDAH USANG DIMAKAN JAMAN/NAMUN MASYARAKAT DESA KIDAL KAUMAN TETAP MELAKUKANNYA// ITULAH PEKERJAAN!// CERMIN KESENGSARAAN DAN KEMISKINAN TIDAK MAMPU MENGAHALANGI MEREKA UNTUK TETAP BEKERJA// ADA PESANAN/MAUPUN TIDAK/MEREKA TETAP MEMBUAT GAMELAN// KARENA KEGIATAN TERSEBUT SUDAH MERUPAKAN WARISAN LELUHUR MEREKA//

HANYA ADA ORANG MENINGGAL YANG MAMPU MENGHENTIKAN PRODUKTIFITAS MEREKA// MITOSNYA KALAU TIDAK BERHENTI/ PROSES PELEBURAN TIMAH DAN TEMBAGA PECAH ALIAS TIDAK JADI// SEHINGGA PRODUKSI GAGAL// MESKI HARAPANANYA SELALU INGIN BEKERJA SETIAP HARI//

STORY LINE 3.

KALAU DILIHAT DARI SEJARAH PADA TAHUN 1980-AN INDUSTRI GAMELAN SEMPAT BERKEMBANG PESAT// KARENA PESANAN DARI INSTANSI PEMERINTAHAN/BAIK DAERAH MAUPUN PUSAT UNTUK SELALU MELESTARIKAN KESENIAN// YANG ADA TERKAITANNYA DENGAN PERALATANNYA//

SEPI PESANAN/BAHAN BAKU SULIT DIDAPAT/ PEMASARANNYA PUN TAK MENENTU!// ITULAH GAMBARAN KESEDIHAN PARA PENGERAJIN MASYARAKAT KELURAHAN DESA KIDAL KAUMAN// MESKI DIDERA HIMPITAN EKONOMI/NAMUN AURA KERUKUNAN MASIH NAMPAK DI MASYARAKAT DISANA//

IRONISNYA LAGI GENERASI MUDANYA ENGGAN UNTUK TURUT MELESTARIKAN PEMBUATAN GAMELAN TERSEBUT// DIPERPARAH LAGI TERHADAP KEADAAN STABILITAS BANGSA YANG KURANG BAGUS//

SOUN BITE : MULSENI 70TH (PENGERAJIN GAMELAN)
IN :
OUT :


NAMUN KEDAAN ITU TIDAK PERLU DISESALI BAGI MASYARAKAT DISANA// BERKARYA DAN TETAP MELESTRAIKAN KERAJINAN SECARA TRADISIONAL SUDAH MENJADI TEKAT MEREKA// SIAPAPUN TIDAK BOLEH MENOLAKNYA// SEMENTARA PEMERINTAH DAERAH MELALUI DINAS PARIWISATA MEMPUYAI STRATEGI KHUSUS UNTUK MENGEMBALIKAN INDUSTRI GAMELAN BANGKIT KEMBALI// MELALUI PEMBINAAN DAN PROMO-PROMO YANG TERKAIT DENGAN ALAT MUSIK GAMELAN//

AGAR KABUPATEN MAGETAN ITU TIDAK HANYA TELAGA SARANGAN YANG MEMJADI PRIMADONA WISATA/TAPI PROSES PRODUKSI GAMELAN JUGA TERANGKAT// KARENA SELAIN MELESTARIKAN BUDAYA BANGSA/JUGA MENGANGKAT BUDAYA PARIWISATA MELALUI KESENIAN//




SOUN BITE : Ir. NANUK SUMARSONO M.Si (DISPARTA KAB. MAGETAN)
IN :
OUT :

PROSES MEMBUATNYA PUN JUGA ADA SENINYA// TIDAK ASAL MEMBAKAR/MENEMPA MENGHALUSKAN/NAMUN ADA CARA-CARA TRADISI YANG MASIH DIPERTAHANKAN//

TAK LEPAS ITU SEMUA SEMANGAT DAN KREATIFITAS MASAYARAKAT DISANA PATUT DIACUNGI JEMPOL// MESKI KEADAAN TERPURUK/ MEREKA MASIH MAMPU BERPRODUKSI// MESKIPUN ITU BERSKALA KECIL// ITULAH JIWA SEMANGAT BERKREASI MASYARAKAT KELURAHAN KAUMAN SAMPAI KINI// KARENA BAGI MASYARAKAT DESA KIDAL KAUMAN GEMELAN ADALAG BOJO ISTRI KEDUA//

STORY LINE 4

LEPAS DARI ITU GAMELAN PRODUKSI KABUPATEN MAGETAN JUGA MAMPU NEMBUS PASARAN EROPA// SUDAH SEHARUSNYA PEMERINTAH DAERAH MENDORONG TUMBUH KEMBANG INDUSTRI GAMELAN TERSEBUT// KARENA TRADISI TERSEBUT SEBAGAI ASET BANGSA YANG HARUS DILESTARIKAN//

AGAR GAMELAN MENDUNIA// YANG BISA MENJADI ICON BANGSA INDONESIA// BAHWA BANGSA INDONESIA ITU MEMPUNYAI BERAGAM TRADISI DAN BUDAYA KESENIAN// JADI TIDAK HANYA MENAMPILKAN GEMULAINYA PENARI/ NAMUN SUARA ALAT PENGIRINGNYA JUGA MAMPU MENYIHIR PENONTONNYA//

MASYARAKAT AGRARIS MENJADI SIMBOL KETENTRAMAN MASYARAKAT DISANA// KEHIDUPAN INILAH YANG TAK LEPAS DARI RASA KERUKUNAN KEBERSAMAAN ANTAR UMAT BERAGAMA// SEHINGGA MAMPU MEMAJUKAN KREAFITAS MASYARAKAT KABUPATEN MAGETAN//

BERKREASI DALAM KESENIAN JUGA TAK LEPAS DARI KEBEBASAN BEREKSPRESESI// EKSPLORASI ITULAH YANG MENGANGKAT KABUPATEN MAGETAN MENJADI DAERAH WISATA TRADISI KERAJINAN/KHUSUSNYA TARDISI MEMBUAT SEPERANGKAT GAMELAN SECARA TRADISIONAL// DESA KIDAL KAUMAN KECAMATAN KARANGREJO ADALAH PUSAT SENTRA PENEMPAAN ALAT MUSIK GAMELAN//

ADA SEKITAR 15 KELOMPOK PEMBUAT PENEMPAAN TARDISI GAMELAN DISANA// NAMUN YANG MASIH EKSIS HANYA TIGA KELOMPOK// MASYARAKAT DISANA SANGAT MENGANTUNGKAN SEKALI TERHADAP INDUSTRI GAMELAN// KARENA SEMUA MASYARAKATNYA RATA-RATA MENJADI PENGARAJIN//

SUDAH BARANG TENTU MASYARAKAT KELURAHAN KIDAL KAUMAN KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN MAGETAN MANJADI BANJIR REJEKI// HINGGA MAMPU MENDONGKARAK HARGA SEPERANGKAT SATU SET GEMELAN BERKISAR 125 – 150 JUTA.

SOUN BITE : PARYOTO 54TH (PENGEPUL PERANGKAT GAMELAN)
IN :
OUT :

SOUN BITE : MULSENI 70TH (PENGERAJIN GAMELAN)
IN :
OUT :

ITUPUN MASIH KUALITAS BIASA//TAPI YANG BAIK MAMPU LEBIH HARGANYA// ITULAH LIKU-LIKU PENGERAJIN GAMELAN KABUPATEN MAGETAN// SEIRING DENGAN WAKTU/KEADAAN MAKIN BERBEDA// AKIBAT DAYA BELI MASYARAKAT MAKIN TURUN//

HAL ITU BERHUBUNGAN SEKALI DENGAN SETTING NADA NANTINYA// AGAR RASANYA PAS DAN TIDAK FALES// ATURAN ITULAH YANG DIKETAHUI BAGI SI PEMBUAT GAMELAN// KARENA HAL TERSEBUT SANGAT BERHUBUNGAN ERAT SEKALI DALAM MENGIRINGI TARI// AGAR PADUAN SUARA YANG DIHASILKAN PADA GAMELAN MENJADI RANCAK DAN HARMONIS//

CLOSING-----------------------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar: