TANGGAL : 26 DESEMBER 2007
EPISODE : 18
PROGRAM : SILUET
JUDUL : HARMONI MASYARAKAT RANUPANI
DURASI : 30 MENIT
REPORTER : TEDJO LAKSANA
STORY LINE 1.
KEINDAHAN ALAM KITA SANGATLAH MENAJUBKAN// HAMPARAN PEGUNUNGAN DAN RINDANGNYA PEPOHONAN MERUPAKAN BAGIAN ALAM YANG INDAH UNTUK DINIKMATI// JALAN BERKELOK DAN BUKIT TERJAL SEAKAN BUKAN SATU RINTANGAN BERARTI SAAT MELAKUKAN PERJALANAN MENUJU PEGUNUNGAN// SEPERTI GUNUNG SEMERU YANG BERADA DI SALAH SATU KABUPATEN LUMAJANG MISALNYA// GUNUNG TERTINGGI DI PULAU JAWA INI MEMPUNYAI KEINDAHAN ALAM YANG EKSOTIS///
GUNUNG SEMERU SENDIRI ADALAH PUSER GUNUNG DI TANAH JAWA//
BILA KITA MENUJU KAWASAN SEMERU AKAN NAMPAK BEBERAPA GUNUNG MENGELILINGINYA// SEPERTI GUNUNG BROMO DAN BATOK//
DI MUSIM DINGIN GUNUNG BATOK TIDAK BEGITU JELAS TERLIHAT// KARENA KABUT TEBAL SELALU MENUTUPI PERMUKAANNYA // HANYA HAMPARAN LAUTAN PASIR YANG TERLIHAT DAN HIJAUNYA RUMPUT KECIL MENJADI HIASAN LERENG GUNUNG BATOK//
SELAIN GUNUNG DAN BUKIT/ DI KAKI SEMERU TERDAPAT SEBUAH DESA TERPENCIL YANG LETAKNYA TERPUTUS DENGAN DESA YANG LAIN// RANUPANI NAMA DESA ITU//
BERBAGAI SAYURAN TUMBUH SUBUR DIKAWASAN RANUPANI// ITULAH MUKJIZAT ALAM YANG TIDAK MAMPU DIPRIDIKSI MANUSIA// HANYA KUASA TUHAN YANG MAMPU MENGATURNYA// KONON TANAH KAWASAN DESA RANUPANI KECAMATAN SENDURO KABUPATEN LUMAJANG ITU DAHULU DIKUASAI OLEH BANGSA BELANDA SELAMA PENJAJAHAN//
SOUND BITE : BAMBANG SUTEJO 56 TH (SESEPUH DESA RANUPANI). Pakai kopiah, baju coklat
IN :
OUT :
MASYARAKAT RANUPANI MERUPAKAN KETURUNAN DEKAT SUKU TENGGER YANG BERADA DI GUNUNG BROMO// TRADISI DAN ADATNYAPUN SAMA// SETIAP PAGI MATA PENCARIAN MEREKA ADALAH BERCOCOK TANAM// SELAIN ITU MEMANCING DITELAGA RANUPANI JUGA SEBAGAI HIBURAN DISANA//
DALAM KEKUASAN TUAN KESUS MASYARAKAT RANUPANI HANYA SEBAGAI BURUH TANI// DIMANA MEREKA SIAP MENJADI BUDAK PENGELOLA TANAH SUBUR WARISAN LELUHURNYA// IRONIS MEMANG!// MASA PENJAJAHAN ADALAH MASA KESENGSARAAN BAGI MASYARAKAT RANUPANI KALA ITU// TIDAK HANYA BANGSA BELANDA YANG MENERAPKAN SISTEM SEPERTI ITU/NAMUN PENDUDUKAN JEPANG JUGA SAMA// TETAPI BANGSA NEGERI MATAHARI TERBIT TERSEBUT HANYA SEBENTAR//
NAMUN BANGSA BELANDA HAMPIR RATUSAN TAHUN MEMBELENGGU BANGSA INI// ATAS KUASA TUHAN/ SEIRING WAKTU DALAM MASA KEMERDEKAAN TAHUN 1945 BANGSA INDONESIA MULAI MENATA KEHIDUPAN BARU// MASYARAKAT DESA RANUPANI KAWASAN SENDURO JUGA TURUT MERASAKAN KEBAHAGIAN ITU//
STORY LINE 2.
TEPAT TAHUN 1955 TANAH KAWASAN RANUPANI-SENDURO MENJADI MILIK MASYARAKAT KEMBALI// DIMANA WAKTU ITU HANYA TERDAPAT 17 KK/NAMUN SEKARANG SUDAH MENCAPAI 345 KK// YANG DATANG DARI BERBAGAI DAERAH SEKITAR JAWA TIMUR// MASYARAKAT ASLI RANUPANI SENDIRI ADALAH KETURUNAN SUKU TENGGER KAWASAN GUNUNG BROMO//
KONON KATA TENGGER ITU ASALNYA DARI KATA DEWI RORO ANTENG DAN JOKO SEGER// DUA ORANG YANG DIPERCAYA MENJADI LELUHUR PENDUDUK DESA RANUPANI KECAMATAN SENDURO DAN SEKITARNYA//
DAN TRADISI KASADA JUGA BERIMBAS DAN MENJADI LEGENDA MASYARAKAT DISANA// SAAT ANAK BUNGSU DEWI RORO ANTENG DAN JOKO SEGER YANG BERNAMA DEWA KUSUMA MENGORBANKAN DIRI PADA 14 BULAN PURNAMA HARI KASADA MASUK KE KAWAH BROMO DEMI MENYELAMATKAN PENDUDUK SETEMPAT//
SOUND BITE : BAMBANG SUTEJO 56 TH (SESEPUH DESA RANUPANI)
IN :
OUT :
SEHINGGA SAMPAI SEKARANG SETIAP 14 BULAN HARI KASADA DIPERINGATI SEBAGAI KASADA DI GUNUNG BROMO// SEBAGAI SIMBOL PERSEMBAHANNYA ADALAH SELAMATAN MENGIRIM HASIL BUMI KE KAWAH GUNUNG BROMO BAGI MASYARAKAT KETURUNAN TENGGER//
AGAR ANAK TURUN SUKU TENGGER DI RANUPANI DIBERI KESELAMATAN DAN MUDAH REJEKI DI DUNIA //
ASAL-USUL MASYARAKAT TENGGER INI/ SELAIN DARI CERITA DEWI RORO ANTENG DAN JOKO SEGER/ MEREKA JUGA DIPERCAYA MERUPAKAN KETURUNAN WARGA MAJAPAHIT YANG TIDAK MAU MEMELUK AGAMA ISLAM/ DAN MELARIKAN DIRI DARI SERBUAN PASUKAN DEMAK// KEMUDIAN MEREKA MENETAP DI LERENG PEGUNUNGAN TENGGER DAN SEKITARNYA//
TRADISI ITULAH YANG SAMPAI KINI TETAP DILESTARIKAN OLEH MASYARAKAT DESA RANUPANI SENDURO// MESKI SUDAH MODERN MEREKA MASIH TETAP PERCAYA DALAM UPACARA ADAT LELUHURNYA// KARENA TRADISI TERSEBUT SUDAH MENGAKAR DI PENDUDUK DESA RANUPANI KECAMATAN SENDURO KABUPATEN LUMAJANG//
MESKI TRADISI HINDU MASIH KENTAL DISANA/NAMUN KEBEBASAN BERAGAMA SANGAT TOLERAN DIKAWASAN RANUPANI// TERBUKTI DENGAN ADANYA BERBAGAI TEMPAT PERIBADATAN//
SOUND BITE : BAMBANG SUTEJO 56 TH (SESEPUH DESA RANUPANI)
IN :
OUT :
DENGAN PERBEDAAN SIMBOL MASING-MASING BANGUNAN// NAMUN BANGUNAN PURA BAGI UMAT HINDU DI DESA RANUPANI KECAMATAN SENDURO NAMPAK MENONJOL SEKALI// DENGAN SIMBOL PINTU GAPURA DAN DUA HARIMAU MENJADI CIRI KHAS MASYARAKAT RANUPANI KETURUNAN TENGGER// SALAH SATUNYA PURA MANDARA GIRI SEMERU AGUNG DI DESA RANUPANI KECAMATAN SENDURO//
SIMBOL DUA HARIMAU ITU SEBAGAI PERLAMBANG KEMARAHAN SIFAT MANUSIA// DIMANA KEMARAHAN ITU HARUS DILAWAN DENGAN KESABARAN// DENGAN BERDOA DAN MEMOHON AMPUNAN KEPADA TUHAN MENJADI KEMENANGAN BAGI YANG SABAR// KEIKHLASAN DAN TUJUAN HATI MURNI ITULAH YANG SELALU DITUNJUKAN MASYARAKAT RANUPANI DALAM BERDOA KEPADA TUHAN//
STORY LINE 3.
KERUKUNAN ITULAH YANG NAMPAK KENTAL BAGI MASYARAKAT DISANA// BERTANI DILADANG ADALAH SATU-SATUNYA MATA PENCARIAN MASYARAKAT DESA RANUPANI KECAMATAN SENDURO// DIDUKUNG TANAH SUBUR MENJADI REJEKI PENGHIDUPAN MASYARAKAT DISANA//
MESKI TANAH TERAS SIRING/DILERENG BUKIT TERJAL MEREKA MAMPU MENGOLAHNYA// CANGKUL DEMI CANGKUL MEREKA TANCAPKAN KEBUMI DEMI MENGHIDUPI KELUARGA// TAK PERDULI PRIA/WANITA MEREKA GOTONG ROYONG DALAM BEKERJA//
SOUND BITE : BAMBANG SUTEJO 56 TH (SESEPUH DESA RANUPANI)
IN :
OUT :
BAHKAN ANAK-ANAK JUGA NAMPAK DIANTARA ORANG TUA MEREKA//
MEMBANTU ORANG TUA ADALAH SEBUAH KEWAJIBAN BAGI ANAK RANUPANI// TIDAK PEDULI MEREKA SEKOLAH ATAU TIDAK/HARUS TETAP MEMBANTU ORANG TUANNYA MENCARI UANG// IRONIS MEMANG!//
SOUND BITE : AGUS 12 TH (ANAK RANUPANI)
IN :
OUT :
DENGAN UANG SEPULUH RIBU RUPIAH/MEREKA MENGORBANKAN MASA BERMAIN YANG INDAH// BAHKAN MENINGGALKAN PENDIDIKAN BAGI ANAK RANUPANI TIDAK MENJADI MASALAH// KARENA PENDIDIKAN DIANGGAP NOMOR DUA DIKAWASAN RANUPANI// KEBANGGAAN ORANG TUA DISANA ADALAH BILA ANAKNYA MAMPU BEKERJA DAN MENGHASILKAN UANG//
SOUND BITE : SUGIONAO 11 TH (ANAK RANUPANI)
IN :
OUT :
TIDAK PEDULI SEBAGAI BURUH TANI//
BERBEKAL SABIT/KERANJANG DAN SEPATU KARET MEREKA MENYUSUSURI LADANG DEMI LADANG UNTUK MENCARI NAFKAH// TOPI DAN SARUNG SUDAH MENJADI TEMAN HIDUP DI LADANG// PEMANDANAGAN ITU TAK TERKECUALI BAGI ORANG DEWASA//
DENGAN MELILITAN SARUNG DITUBUH/MEREKA TETAP BERAKTIFITAS// ITULAH CIRI KHAS MASYARAKAT RANUPANI// PRIA DAN WANITA SELALU MEMAKAI SARUNG// MEREKA MENYEBUTNYA KEKAWUNG// BAGI PRIA MEMAKAI UDENG DAN SARUNG SUDAH MENJADI KEBIASAAN MEREKA//
BAGI MEREKA SARUNG MEMPUNYAI MAKNA FILOSOFI YANG TINGGI// KARENA SEBAGAI ALAT MULTIGUNA// SELAIN SEBAGAI ALAT PENGHANGAT TUBUH JUGA UNTUK TEMPAT BARANG/ ALAT SHOLAT DAN IKAT PINGGANG//
SOUND BITE : BAMBANG SUTEJO 56 TH (SESEPUH DESA RANUPANI)
IN :
OUT :
MAKLUM SUHU DIKAWASAN RANUPANI ADALAH 15 DERAJAD CELSIUS//
SEHINGGA SUHU DINGIN SELALU MENJADI TEMAN KESEHARIAN MEREKA// HANYA SARUNG SEBAGAI ALAT SATU-SATUNYA YANG MAMPU MENAHANNYA // DESA RANUPANI KECAMATAN SENDURO KABUPATEN LUMAJANG ADALAH DESA TERAKHIR DI LERENG GUNUNG SEMERU//
STORY LINE 4.
DIAKUI ATAU TIDAK KEINDAHAN DESA RANUPANI KECAMATAN SENDURO YANG TERLETAK DIKAKI GUNUNG SEMERU INI MAMPU MENGHIPNOTIS WISATAWAN UNTUK DATANG DIKAWASAN TERSEBUT// KARENA KAWASAN ITU BERDEKATAN DENGAN GUNUNG BROMO// SEHINGGA SETIAP WISATAWAN YANG MENDAKI DI GUNUNG BROMO/PASTI MELIHAT KEINDAHAN GUNUNG SEMERU//
SELAIN INDAH/KAWASAN SEMERU JUGA SEBAGAI KAWASAN AGROWISATA/KHUSUSNYA SAYURAN// PEMANDANGA ITULAH YANG MUNGKIN MENJADI NILAI TAMBAH KAWASAN SEMERU UNTUK DIKEMBANGKAN// APALAGI MASYARAKAT YANG RAMAH-TAMAH// SEHINGGA MASYARAKAT DESA RANUPANI KECAMATAN SENDURO TERLIBAT LANGSUNG DALAM POTENSI ALAM TERSEBUT//
SOUND BITE : THOMAS HADI SANJAYA (KEPALA DESA RANUPANI). Pakai baju kuning duduk
IN :
OUT :
SELAIN SEBAGAI PETANI MEREKA JUGA BISA MENJADI LOCAL GUIDE BAGI WISATAWAN YANG AKAN MELAKUKAN PENDAKIAN DI GUNUNG SEMERU// SEIRING PERKEMBANGAN RANUPANI KAWASAN SENDURO MENJADI DESA WISATA// KARENA POTENSI SUMBER DAYA ALAM SANGAT MENDUKUNG/TINGGAL MEMBERI PENGERTIAN DAN PELATIHAN KEPADA MASYARAKAT UNTUK TURUT MENDUKUNGNYA//
AGAR MODERNISASI MAMPU MASUK KE RANUPANI// SEHINGGA KESAN MASYARAKAT DAN DESA TERTINGGAL MAMPU DIHAPUSKAN// SEBENARNYA SEMUA FASILITAS PENDUKUNGNYA SUDAH ADA/ NAMUN BELUM MAKSIMAL PENGELOLAANNYA// SEPERTI TERSEDIANYA SEKOLAH TERBUKA DIKAWASAN RANUPANI//
SOUND BITE : THOMAS HADI SANJAYA (KEPALA DESA RANUPANI). Pakai baju kuning duduk
IN :
OUT :
TINGGAL MENUNGGU KESADARAN MASYARAKAT UNTUK BERGERAK/ BAHWA PENDIDIKAN ITU SANGAT PENTING// APALAGI BAGI ANAK-ANAK USIA SEKOLAH// BEKERJA ADALAH URUSAN WAJIB BAGI ORANG TUA// TETAPI MENUNTUT ILMU ADALAH KEWAJIBAN BAGI ANAK-ANAK MEREKA//
MASALAH ITULAH YANG BELUM DISADARI BAGI MASYARAKAT DESA RANUPANI KECAMATAN SENDURO// MENUJU DESA WISATA DAN MODERN BELUM CUKUP HANYA DUKUNGAN SUMBER DAYA ALAM/ NAMUN SUMBER DAYA MANUSIA HARUS JUGA DITINGGKATKAN// ENTAH SAMPAI KAPAN HARAPAN ITU TERWUJUD!//
MAKA PENDIDIKAN ANAK HARUS DIPERHATIKAN// SEBAGAI CALON PENERUS BANGSAYANG AKAN MERUBAH KAWASAN RANUPANI MENJADI CANTIK DAN INDAH// HAL ITU PERLU KORDINASI MATANG DENGAN PEMERINTAH DAERAH DAN PIHAK ORGANISASI SWASTA YANG PEDULI TENTANG PARIWISATA ALAM//
CLOSING ----------------------------------------------------------------------
Kamis, 03 Januari 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar