Kamis, 03 Januari 2008

reog पोनोरोगो


PROGRAM : SILUET
JUDUL : MERONCE REOG DI RANAH PONOROGO
DURASI : 30 MENIT

STORI LINE 1

PONOROGO// SEBUAH KABUPATEN YANG DIKENAL DENGAN JULUKAN KOTA REOG INI/ SEOLAH MENYIMPAN BERIBU RAHASIA TENTANG BUDAYA REOG// KEBUDAYAAN REOG YANG TELAH MENJADI AICON DARI JAWA TIMUR INI/ IDENTIK DENGAN ACARA GREBEK SURO//

KABUPATEN PONOROGO YANG MASYARAKATNYA MASIH MEMEGANG TEGUH BUDAYA REOG HANYA BISA TERSENYUM KECIL SAAT SISI GELAP DARI REOG MULAI DIUNGKAP KE MASYARAKAT LUAS// NAMUN/ SISI GELAP REOG TERSEBUT HANYALAH SEBUAH FENOMENA BUKAN SEBUAH KESENIAN BIASA//

KESENIAN YANG MERUPAKAN PENINGGALAN DARI TRADISI KESENIAN HINDU KEDIRI INI / MASIH MENGHIASI ADAT DAN TRADISI MASYARAKAT PONOROGO SAMPAI SEKARANG// KESENIAN YANG DIYAKINI OLEH MASYARAKAT PONOROGO SEBAGAI KESENIAN DARI LELUHUR YANG MENITIPKAN UNTUK TETAP DIJAGA KELESTARIANNYA DI TANAH PONOROGO// KARENA SEBAGAI IDENTITAS MASYARAKAT DISANA//


SOUND BITE : MBAH WO KUCING (SESEPUH WAROK)
IN : Pakai kopiah dan berjanggut putih
OUT :

SOUND BITE : SHODIG PRISTIWANTO.S. Sn (SENIMAN PONOROGO)
IN : Pakaian hitam dan pakai udeng
OUT :


SEHINGGA/ DARI SINILAH KESENIAN REOG YANG IDENTIK SISI GELAP PARA WAROKNYA AKHIRNYA BISA DIRUBAH// GEMBLAK YANG MERUPAKAN IMEJ JELEK DARI SEORANG WAROK PERLAHAN AKAN HILANG// SEBAGAI PEMANISNYA YAITU PENARI JATILAN YANG KEMAYU// DAN/ REOGPUN MEMPUNYAI FILOSOFI HITAM DAN PUTIH YANG SEIMBANG DALAM KEHIDUPAN MANUSIA DIDUNIA//


STORI LINE 2

DALAM KESENIAN REOG/ SEORANG WAROK ADALAH IDENTIK YANG SANGAT KHAS SEKALI// BAHKAN KEHIDUPAN SEORANG WAROKPUN MENJADI ICON YANG TAK LEPAS DARI KESENIAN REOG ITU SENDIRI// BAGI MASYARAKAT PONOROGO/ WAROK MEMPUNYAI ARTI FILOSOFI YANG DALAM// SEBAGAI PEWARIS ILMU KEHIDUPAN DALAM BERKESENIAN//

SEBAGAI PENYAMBUNG KERUKUNAN ANTAR BANGSA LEWAT KESENIAN// REOG SENDIRI MEMPUNYAI MAKNA RUKUN/ELING/LAN ONO GUNANE// KEBANGGAAN BANGSA ITULAH YANG TIDAK BISA LEPAS DALAM DIRI MASYARAKAT PONOROGO SAMPAI KINI// KARENA SEBAGAI WARISAN LELUHUR YANG PERLU DIPERTAHANKAN OLEH GENERASI MUDA// DAN HANYA SATU-SATUNYA DIDUNIA//


DALAM PENGALAMANNYA SENI REOG MERUPAKAN CIPTA KREASI YANG LUHUR// REOG DICIPTAKAN BERDASARKAN DARI ADANYA ALIRAN KEPERCAYAAN YANG ADA SECARA TURUN TEMURUN//

SOUND BITE : DRS. GUNARDI. M.Si (DISPARTA KABUPATEN PONOROGO)
IN : Pakai Seragam dinas
OUT :

SOUND BITE : MBAH WO KUCING (SESEPUH WAROK)
IN : Pakai kopiah dan berjanggut putih
OUT :

DALAM MASA LALU REOG MERUPAKAN KESENIAN GAGAH DAN KEKAR/NAMUN NUASANSA POLITIK SELALU MEMBAYANGI DIBELAKANGNYA// KARENA RAWAN UNTUK DISUSUSUPI DALAM MENCAPAI KEPENTINGAN POLITIS//

PADAHAL UPACARA YANG DIGUNAKAN UNTUK BISA MEMENTASKAN KESENIAN REOG INIPUN MEMPUNYAI PERSYARATAN YANG SANGAT RUMIT DAN BERAT// TAK MUDAH BAGI ORANG AWAM UNTUK BISA MENGGUNAKAN SYARAT-SYARAT TERSEBUT/ KALAU TIDAK MEMPUNYAI GARIS KETURUNAN YANG JELAS SECARA PARENTAL DAN HUKUM ADAT YANG MASIH BERLAKU//

STORI LINE 3

BERBAGAI KALANGAN PECINTA SENI REOG DI PONOROGO / BENAR-BENAR TERSENTAK SAAT NEGARA MALAYSIA MENGKLAIM BAHWA REOG ADALAH KESENIAN DARI RANAH MELAYU TERSEBUT// PARA SESEPUH REOG MERASAKAN BAHWA NEGARA MALAYSIA TELAH MENJIPLAK KESENIAN LELUHUR BANGSA INI //

SENI REOG YANG TELAH MENGAKAR DI MASYARAKAT PONOROGO INI SEOLAH MENGGELIAT SAAT KESENIAN LELUHUR MEREKA MENJADI KLAIM DARI NEGARA LAIN YANG TAK PERNAH TAHU AKAN KESENIAN REOG//

BAGAIMANA DASAR DAN CERITA REOG SENDIRI TIDAK TAHU/NAMUN MENGAKUI KEBUDAYAANNYA?// ANEH MEMANG!// MARTABAT DAN ETIKA BANGSA DIPERTARUHKAN ATAS PERISTIWA INI// KALAU DILIHAT TARI BARONG MALAYSIA ITU/SEMUA STRUKTUR DAN PERALATANNYA ASLI DARI PONOROGO// HAL ITU NAMPAK SEKALI DARI TEKTUR BARONGANNYA//

SOUND BITE : SHODIG PRISTIWANTO.S. Sn (SENIMAN PONOROGO)
IN : Pakaian hitam dan pakai udeng
OUT :

SOUND BITE : MBAH WO KUCING (SESEPUH WAROK)
IN : Pakai kopiah dan berjanggut putih
OUT :

PERISTIWA INI SEBAGAI HIKMAH YANG PERLU DIPERHATIKAN// MESKI KECIL/NAMUN JANGAN DIREMEHKAN// KARENA KECINTAAN MASYARAKAT PONOROGO TERHADAP REOG ITU SUDAH MENJIWA DALAM BANGSA INDONESIA//

STORI LINE 4

YANG TERPENTING DALAM PEMENTASAN SENI REOG INI ADALAH KEPUASAN PENONTON// SAJIAN TERAKHIR DALAM SENI REOG INI ADALAH SINGA BARONG/ YANG MEMPUNYAI BERAT 50 -60 KG // HANYALAH ORANG TERTENTU YANG BISA MEMAINKAN TOPENG BARONG YANG TERBUAT DARI KULIT HARIMAU DAN BULU MERAK INI//

BARONGAN ATAU YANG DIKENAL DENGAN DADAP MERAK/ INI DIBUAT MELALUI TANGAN- TANGAN SENIMAN YANG TELAH TERUJI// SENTUHAN PAHAT SERTA PENATAAN BULU MERAK/ ADALAH CIRI KHAS YANG MEMBUAT TOPENG BARONG // DALAM MEMBUATNYA MEMAKAN WAKTU SELAMA SATU BULAN// ITUPUN KALAU LANCAR!//

BAHAN BAKU YANG SULIT MENJADI KENDALA UTAMA DALAM MEMBUAT BARONGAN// MENDATANGKAN BULU MEREK ASLI INDIA YANG SULIT// KARENA TEKTUR WARNANYA LEBIH MENYALA DARIPADA BAHAN LOKAL// YANG AKAN MENJADIKAN BARONGAN BERKUALITAS BAGUS//

SOUND BITE : JUMINGAN (PENGRAJIN BARONGAN)
IN : Pakai Kaos hitam dan dibelakang ada barongan reog
OUT :

ADEGAN SENI REOG SELALU TAK TERSUSUN SECARA RAPI// TAPI/ ALUR CERITA YANG ADA / SELALU MENGGAMBARKAN TENTANG KEPERKASAAN DAN PANUTAN YANG DIMAINKAN OLEH PARA WAROK//

SENI REOG MERUPAKAN BUDAYA YANG TURUN TEMURUN DI PONOROGO/ DAN TAK AKAN PERNAH MENJADI KARYA SENI DARI NEGARA LAIN YANG TAK MEMPUNYAI BENANG MERAH DI DALAMNYA//

SOUND BITE : SOUND BITE : SHODIG PRISTIWANTO.S. Sn (SENIMAN PONOROGO)
IN : Pakaian hitam dan pakai udeng
OUT :

MEMANG / MENGUBAH KESENIAN ITU TAK SEMUDAH MEMBALIKKAN TANGAN// KARENA REOG BERAWAL DARI SEBUAH TRADISI/ MESKIPUN SISI GELAP DARI PARA WAROK SERING MENJADI BAHAN GUNJINGAN//
KOMITMEN RASA MEMILIKI BUDAYA HARUS TERUS DIKEMBANGKAN/ BAHKAN NYAWAPUN DIPERTARUHKAN BILA BUDAYA BANGSA TELAH DIACAK-ACAK OLEH BANGSA LAIN/ SEHINGGA BUDAYA BANGSA TIDAK KEHILANGAN MAKNA//

SELESAI

Tidak ada komentar: