PROGRAM : SILUET
JUDL : SUKU OSING BANYUWANGI
DURASI : 30 MENIT
MASYARAKAT OSING // MERUPAKAN SEBUAH KOMUNITAS DI BANYUWANGI YANG DIAWALI PADA AKHIR MASA KEKUASAAN MAJAPAHIT // CORAK KEHIDUPAN MASYARAKAT OSING TERBILANG MENARIK// INI DIKARENAKAN MASYARAKAT OSING MASIH MENYIRATKAN BUDAYA MAJAPAHIT DENGAN CORAK HINDU DAN BUDHA//
------------------------------ROLL GAMBAR-----------------------------------------------
MEREKA SANGAT PERCAYA BAHWA ALAS PURWO MERUPAKAN TEMPAT PEMBERHENTIAN TERAKHIR RAKYAT MAJAPAHIT YANG MENGHINDAR DARI SERBUAN KERAJAAN MATARAM//
-------------------------------ROLL GAMBAR-----------------------------------------------
MESKI BERBEDA CORAK KEHIDUPAN MASYARAKATNYA/ NAMUN / MASYARAKAT OSING TETAP MENJAGA TRADISI ADAT BUDAYA MEREKA SAMPAI SEKARANG// RASA KEBERSAMAAN MASIH MELEKAT DENGAN ADAT GUPUH / LUNGGUH/ SUGUH // DENGAN FILOSOFI BAHWA SETIAP ORANG YANG DATANG DISANA SELALU DILAYANI DENGAN BAIK// TAK TERKECUALI MASYARAKAT BIASA MAUPUN PEMBESAR// BAGI MEREKA TAMU ADALAH RAJA YANG HARUS DIHORMATI//
---------------------------------ROLL GAMBAR-------------------------------------------
KEHIDUPAN MASYARAKAT OSING ADALAH BERKELOMPOK // DI DESA KEMIREN KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN BANYUWANGI/ TERLIHAT JELAS CIRI KHAS DARI MASYARAKAT OSING// KATA OSING SENDIRI TERBENTUK DARI LIDAH KAUM PENJAJAH BELANDA// YANG ARTINYA TIDAK//
SOUND BITE : DJOHADI TIMBUL (SESEPUH MASYARAKAT OSING)
IN :
OUT :
SOUN BITE : HASNAN SINGODIMAYAN ( BUDAYAWAN )
IN :
OUT :
SEIRING DENGAN WAKTU MASYARAKAT BLAMBANGAN MENDAPAT LABEL ORANG OSING// HAL ITU DILAKUKAN MEREKA UNTUK MENGHINDARI KEJARAN KAUM BELANDA//
-------------------------------------ROLL GAMBAR--------------------------------------
NAMUN DIBALIK ITU MASYARAKAT DISANA TETAP MELAKUKAN PERLAWAN DALAM MENGUSIR PEMERINTAH BELANDA DARI TANAH BLAMBANGAN// DENGAN CARA MENGOBARKAN SEMANGAT MELALUI SYAIR-SYAIR PERLAWANAN DALAM BAHASA OSING//
STORY LINE 2
SYAIR-SYAIR MENGISYARATKAN TENTANG KEPILUAN HATI TERSEBUT DIBAWAKAN OLEH SEORANG GANDRUNG// PADA MASA PENJAJAHAN SYAIR-SYAIR TERBUT DILIHAT BELANDA SEBAGAI SEBUAH NYANYIAN PILU// NAMUN/ SEBENARNYA ITU ADALAH SYAIR PENGOBAR SEMANGAT PERJUANGAN//
SOUN BITE : ANDANG C.Y (MASYARAKAT BANYUWANGI)
IN :
OUT :
SOUN BITE : HASNAN SINGODIMAYAN (BUDAYAWAN)
IN :
OUT :
SEMENTARA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKATNYA/ RASA KEBERSAMAAN ITU MASIH MENJADI TRADISI MASYARAKAT OSING HINGGA SEKARANG// SEHINGGA / TRADISI BUDAYA MENJADI PERLAMBANG KEBESARAN MASYARAKAT KABUPATEN BANYUWANGI//
--------------------------------ROLL GAMBAR------------------------------------------
GENERASI MUDA DESA KEMIREN YANG MERUPAKAN KOMUNITAS TERBESAR MASYARAKAT OSING / DIWAJIBKAN UNTUK MENGIKUTI JEJAK LELUHURNYA// INI DILIHAT DARI SIMBOL-SIMBOL BENTUK RUMAH KILING// RUMAH DERESAN MENJADI CIRI KHAS MASYARAKAT OSING//
----------------------------------ROLL GAMBAR-----------------------------------------
SIMBOL TERSEBUT UNTUK MENGINGATKAN MANUSIA AGAR SELALU INGAT KEPADA YANG MAHA KUASA//
---------------------------------ROLL GAMBAR----------------------------------------
SEMENTARA DALAM MEMPERTAHANKAN BAHASA OSING BAGI MASYARAKAT DISANA MERUPAKAN HAL YANG WAJIB UNTUK TERUS DILESTARIKAN// MEREKA PERCAYA BAHWA KETIKA MELUPAKAN BAHASA ATAUPUN ADAT AKAN ADA BENCANA BAGI WARGA DESA TERSEBUT//
STORY LINE 3
NAMUN / TETAP TIDAK MENINGGALKAN KESAKRALAN ADAT DAN BUDAYA OSING// MEREKA BERANGGAPAN BAHWA SANTET YANG IDENTIK DENGAN MASYARAKAT MEREKA ADALAH SEBUAH ANUGERAH YANG HARUS DIPERTAHANKAN// TARI JARAN GOYANG ADALAH SUATU SIMBOL MASYARAKAT OSING TENTANG SANTET//
SOUND BITE : DJOHADI TIMBUL (SESEPUH MASYARAKAT OSING)
IN :
OUT :
HAL ITU JUGA DITERAPKAN KEPADA PENDATANG YANG MENJADI KOMUNITAS MASYARAKAT OSING// MEREKA PERCAYA KALAU TIDAK MELESTARIKAN ADAT BUDAYA LELUHUR TERTIMPA BENCANA//
-----------------------------------ROLL GAMBAR----------------------------------------
STORY LINE 4
SYAIR OSING YANG MENGATAKAN BAHWA LARE ANGON KUMUK IKU PACULONO LAN TANDURONO/ KACANG LANJARAN SAK UNTAI PERAWAN// MERUPAKAN SEBUAH SYAIR YANG MENJADI SEMANGAT PARA PETANI OSING UNTUK SELALU BEKERJA KERAS DALAM KEHIDUPANNYA//
------------------------------------ROLL GAMBAR----------------------------------------
SEHINGGA TRADISI ADAT BUDAYA MEREKA SELALU DIRAYAKAN SETIAP TAHUNNYA// TAK PEDULI MUSIM HUJAN PUN TETAP DILAKUKAN//
SOUND BITE : ANDANG C.Y 73 (MASYARAKAT BANYUWANGI)
IN :
OUT :
KONON MITOSNYA SAAT MELAKUKAN UPACARA ADAT ITU MEREKA MEDATANGKAN JIN-JIN LELUHUR// KADANG PULA PARA ARWAH LELUHUR TURUT MENARI-NARI DALAM UPACARA MASYARAKAT TERSEBUT//
------------------------------------ROLL GAMBAR-------------------------------------
DIIRINGI DENGAN TARIAN GANDRUNG DAN SEBLANG BANYUWANGIAN MASYARAKAT MENGHARAP KEBERKAHAN DARI YANG MAHA KUASA// SEBAGAI PERLAMBANG PESTA ADAT LELUHUR TELAH DIMULAI//
------------------------------------ROLL GAMBAR-------------------------------------
DONG KIDEMANG MANGAN MINUM/SELEGAN MENGHUNUS KERIS/RAWE-RAWE RANTAS MALANG-MALANG PUTUNG//
Selasa, 02 Oktober 2007
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar